Tips Memilih Jurusan di SMK yang Tepat

Smkpenerbangan.id – SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan ada beberapa jurusan. Jurusan di SMK adalah jurusan keterampilan, yang menjadi perbekalan untuk memasuki dunia kerja dan industri.

Berikut trik tepat memilih jurusan SMK supaya tidak salah jurusan:

Tips Memilih Jurusan di SMK yang Tepat

Tips Memilih Jurusan di SMK yang Tepat

  1. Tentukan SMK sesuai ketertarikan. Tidak boleh terburu-buru dalam memilih. Tentukan SMK yang ada jurusan sama sesuai hobi, hingga bisa betul-betul nikmati pengajaran secara baik. Dapat sampai lulus dan bekerja sesuai dengan keterampilan. Ini akan penting dan memiliki arti untuk pengajaran di Sekolah Menengah Kejuruan yang diputuskan. Disamping itu, akan memberi kebanggaan tertentu untuk keluarga, khususnya orang-tua yang mengongkosi sekolah.
  2. Banyak kumpulkan informasi. Jumlahnya opsi jurusan di SMK akan membuat kebingungan. Karena itu, banyak-banyaklah bertanya orang paling dekat. Mana jurusan yang pas sama sesuai ketertarikan dan sama sesuai keperluan pasar atau dunia kerja.
  3. Samakan dengan harapan/cita-cita. Bila memilih jurusan Teknik Kendaraan Enteng Otomotif, memiliki arti kamu ingin jadi seorang Mekanik. Juga bisa ingin buka Jasa Service. Berbeda kembali bila ingin Arsitek Bangunan, karena itu jurusan yang diputuskan ialah Design Pemodelan Dan Info Bagunan. Berbeda kembali bila ingin jadi seorang mekanik komputer dan jaringan, karena itu jurusan yang diputuskan ialah Teknik Komputer Jaringan. Dan jika ingin jadi seorang mekanik listrik, karena itu jurusan yang pas ialah Teknik Instalasi Tenaga Listrik
  4. Tidak boleh terdiam/terpaku pada nilai mata pelajaran. Yang didalami di SMK adalah keterampilan. Bila nilai buruk tidak berarti kurang pakar. Yang paling penting adalah kesungguhan dalam bersekolah hingga memperoleh ketrampilan yang berguna.
  5. Cari info jurusan yang paling disukai. trik tepat ini jadi trik tepat penting untuk memilih jurusan SMK. Tetapkan satu opsi jurusan dan mencari banyak infonya. Cari info ketrampilan apa yang hendak didapat, kualitas lulusannya (khususnya pada jurusan tersebut), dan apa yang perlu disiapkan.
  6. Mencari info mengenai Prospek jurusan yang kamu tentukan. Ini berkaitan dengan prospek jurusan untuk dunia kerja. Apa banyak disukai dan lapangan kerjanya luas.
  7. Pikirkan jurusan yang diputuskan dengan lanjutannya untuk penyeleksian jurusan saat kuliah. Sekolah di SMK juga dapat kuliah. Oleh karena itu tentukan jurusan yang pas saat SMK dan lanjutannya saat nanti melanjutkan kuliah. Misalnya sekolah di SMK di jurusan Teknik Komputer Jaringan selanjutnya dapat melanjutkan di jurusan Teknik Informatika dan Pengetahuan Komputer saat kuliah.
  8. Tentukan jurusan karena faktor tertentu. Bisa saja untuk melanjutkan usaha keluarga, support keluarga, atau memang terobsesi dengan salah satunya bagian keluarga yang ambil jurusan tertentu. Seperti kakak yang sukses jadi seorang pebisnis kulineran sesudah lulus dari SMK lebih kurus tata boga dan meneruskan kuliah di jurusan yang semacam.
  9. Saksikan sekitar lingkungan. Ini penting karena lulus SMK langsung bisa kerja. Saksikan kekuatan di sekitar lingkungan. Usaha apa yang tidak ada atau lapangan pekerjaan jurusan apa yang banyak buka peluang kerja.
  10. Tentukan jurusan sama sesuai kata hati. Tetapkan dengan tentu hasil dari pemikiran yang masak tentu saja mengikutsertakan ke-2 orang-tua.
Baca Juga!  Cara Daftar Google Scholar

Tentukan masa datang yang ceria harus diawali dari sekarang ini. Dimulai dari penyeleksian jurusan saat sekolah. Seperti saat memilih jurusan SMK ini. Saksikan talenta kita dan menempuh pengajaran dengan serius

Leave a Comment