Cara Chat ke Dosen yang Baik dan Benar Lewat Whatsapp

Menjadi mahasiswa mengharuskan diri kita untuk berinisiatif dalam menjalin komunikasi dengan dosen. Salah satu komunikasi yang biasa dilakukan adalah chat  atau mengirim pesan ke dosen melalui whatsapp.

Tujuan kita menghubungi dosen biasanya untuk menanyakan jadwal kuliah, deadline tugas, meminta tanda tangan, dan lainnya yang berhubungan dengan kuliah.

Cara Chat ke Dosen yang Baik dan Benar Lewat Whatsapp

Dalam menghubungi dosen melalui chat whatsapp sebenarnya cukup sederhana. Namun, kita seringkali bingung bagaimana agar chat kita memiliki kesan yang baik dan sopan.

Chat ke dosen dengan kalimat yang baik dan benar merupakan sebuah etika yang wajib kita terapkan. Meskipun kita mengenal dekat dosennya, tetaplah kurang baik jika kita menyamakan cara chat seperti kepada teman atau kerabat.

Berikut ini adalah cara chat ke dosen melalui whatsapp yang bisa kalian praktekan :

1) Perhatikan Waktu yang Tepat

Ketika menghubungi dosen, pastikan di jam-jam yang tepat. Dosen tidak akan suka dihubungi diluar jam kerja, jam istirahat, dan hari libur, karena itu akan mengganggu kesibukan mereka.

Hubungi dosen di jam kerja, misalnya pukul 07.00 pagi hingga sore pukul 17.00, umumnya para dosen aktif dalam kurun waktu tersebut.

2) Awali Chat dengan Salam

Kemudian, untuk mengawali chat, gunakan kata salam seperti Selamat Pagi, Selamat Siang, Selamat Sore, atau Assalamualaikum Wr Wb. Ucapan salam ini sangat penting untuk memulai percakapan.

Baca Juga!  Tips Sukses Jadi Pramugari Meskipun Lulusan SMK

Sangat tidak sopan kan jika kita mengawali chat dengan kata Woi, Halo, atau Wassup Broo.

3) Perkenalkan Diri

Setelah mengucap salam, bisa kita tambahkan permohonan maaf seperti “Mohon maaf mengganggu waktunya Bapak/Ibu” jika diperlukan.

Jangan lupa untuk memperkenalkan diri, misalnya “Saya mahasiswa jurusan (….) dari kelas mata kuliah (….)” atau “Perkenalkan saya (nama) dari jurusan (….)”.

Memperkenalkan diri dapat membantu dosen mengenal kalian. Sebab jika kalian tidak memperkenalkan diri, dosen tidak akan mau membalas pesan kalian. Sama halnya seperti kita yang tidak mau membalas pesan dari orang asing.

4) Sampaikan Keperluan dengan Singkat dan Jelas

Selanjutnya adalah menyampaikan keperluan kita menghubungi dosen. Jelaskan kepentingan atau pertanyaan yang ingin kalian ajukan dengan kalimat formal. Pastikan isi pesan kalian tidak bertele-tele.

Misalnya jika kalian ingin menanyakan jadwal kuliah, “Saya ingin bertanya perihal jadwal mata kuliah (….) besok dimulai pukul berapa pak/bu ?”.

Atau jika ingin meminta tanda tangan untuk keperluan surat rekomendasi, transkrip, dan lain-lain coba katakan “Apa hari ini bapak/ibu sedang ada di kampus ? saya memerlukan tanda tangan untuk surat (…)”.

5) Ucapkan Terima Kasih

Setelah semua keperluan sudah tersampaikan, jangan lupa untuk memberi ucapan terimakasih di akhir percakapan. Ucapan terimakasih di dalam chat terlihat sepele, namun sering dilupakan ketika menghubungi dosen. Padahal dosen akan sangat menghargai kita yang mengucapkan terimakasih.

6) Gunakan Gaya Bahasa yang Formal

Gaya bahasa yang kalian gunakan dalam chat usahakan jangan memakai kata-kata yang disingkat atau terkesan alay. Misalnya seperti “yg”, “sy”, “y”, “nich”, “owch”, dan lain-lain yang kurang formal.

Kata yang disingkat di percakapan melalui chat seringkali terdapat salah pengertian maksud. Jadi, sebisa mungkin gunakan bahasa yang benar.

Baca Juga!  Tips Membeli Kabel Charger - SMK Penerbangan

7) Atur Foto Profil yang Baik

Yang terakhir yaitu gunakan foto profil whatsapp dengan foto yang sopan, memakai foto wajah asli, dan foto dengan gaya yang tidak berlebihan. Seringkali kita lupa memasang foto profil dengan gambar-gambar meme, anime, atau yang lain.

Memang terlihat sepele, namun dengan kita memasang foto profil yang baik, dosen akan memberi kesan positif dan lebih menghargai kita.

Leave a Comment